Teori Belajar Observasional
Kelompok 6
101402082 - Zuhairi Rahman111402023 - Ilhammudin Hasibuan
111402035 - Nurul Fatihah
111402083 - Indera Surya Satria
111402087 - Boi M Hutagaol
Teori Belajar Sosial disebut Teori Observational Learning (Belajar Observasional dengan pengamatan ).Tokoh utama teori ini adalah Albert Bandura. Bandura memandang tingkah laku manusia bukan semata-mata refleks otomatis atas stimulus ,melainkan juga akibat reaksi yang timbul sebagai hasil interaksi antara lingkungan dengan skema kognitip manusia itu sendiri.
Teori belajar ini memiliki 2 proses dalam penerapan nya, antara lain
1. Imitation
Imitation ialah perilaku yang meniru perilaku seseorang agar mendapat
effort dan hasil yang didapat oleh peniru tersebut. contoh nya ialah
ketika dalam kelas pemrograman, orang yang tidak terlalu pandai pemrograman
pastinya akan mendekati orang yang memiliki skill bagus dalam pemrograman,
sehingga di dalam benak nya,ia akan beranggapan "mengapa dia bisa sedangkan saya tidak?,
apa saja yang dia kerjakan sehingga bisa jago dalam pemrograman?"
Dari anggapan itulah maka seseorang itu akan meniru perbuatan apa saja yang dilakukan
oleh orang yang jago pemrograman tersebut, sehingga secara tidak langsung dia telah melakukan
proses imitation
2. Conditioning
Conditioning ialah proses yang dalam penerapan nya memikirkan perilaku apa saja yang
dapat membuat seseorang mendapat 'reward' jika dikerjakan dan 'punishment' jika tidak dikerjakan.
contoh nya ialah ketika tugas pemrograman diberikan, maka seseorang itu akan memperhitungkan
apa yang akan terjadi jika dia tidak mengerjakan tugas tersebut, dan juga apa yang akan terjadi
jika dia mengerjakan tugas tersebut
hingga, dalam penerapan nya, maka orang tersebut akan berusaha mendapat 'reward' dengan
mengerjakan tugas yang diberikan juga untuk menghindari 'punishment' yang akan didapat
bila ia tidak mengerjakan tugas tersebut
Adapun kedua proses pembelajaran tersebut dapat berkaitan erat satu sama lain, antara lain dengan contoh diatas
Proses conditioning yang diberlakukan dengan adanya tugas pemrograman tersebut akan mendorong mahasiswa untuk berusaha
mengerjakan tugas tersebut. Dan orang yang tidak memiliki skill pemrograman yang bagus akan berusaha 'meniru'
perilaku orang yang memiliki skill pemrograman yang bagus, sampai dia dapat mengerjakan tugas pemrograman tersebut
Namun menurut teori Bandura, teori pembelajaran diatas juga ada efek negatif nya, seperti jika orang tersebut salah memilih objek imitasi dan objek conditioning nya
sumber referensi
- http://rike-rikeriwayanti.blogspot.com/2010/11/konsep-dan-implikasi-teori-belajar.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Albert_bandura
Tidak ada komentar:
Posting Komentar