Kamis, 21 Maret 2013

Persepsi


PERSEPSI

Persepsi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai sebuah kata nomina (n) yang berarti

1. tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu; serapan (nomina)
2. proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui panca indra nya; (nomina)

            Jadi, secara umum persepsi ialah hasil tanggapan yang diterima seseorang akan respon dari sekitarnya. Maka hasil persepsi setiap orang akan bisa berbeda, walaupun respon yang diberikan sama, tergantung dari proses penerimaan logika yang diartikan orang orang tersebut.
            Faktor yang mempengaruhi persepsi antara lain harapan pengalaman masa lalu, dan keadaan psikologis yang mana menciptakan kumpulan perseptual. Selain hal tersebut masih ada beberapa hal yang mempengaruhi persepsi, yaitu:
1. Yang paling berpengaruh terhadap persepsi adalah perhatian, karena perhatian adalah proses mental ketika stimulus atau rangkaian stimulus menjadi menonjol dalam kesadaran, pada saat stimulus lainya melemah. Dalam stimulus mempunyai sifat-sifat yang menonjol, antara lain intensitas dan pengulangan. Diri orang yang membentuk persepsi itu sendiri. Apabila seseorang melihat sesuatu dan berusaha memberikan interpretasi tentang apa yang dilihatnya itu, ia dipengaruhi oleh karateristik individual yang turut berpengaruh seperti sikap kepentingan, minat, kebutuhan, pengalaman, harapan dan kepribadian.   
            2. Stimulus yang berupa obyek maupun peristiwa tertentu. Stimulus yang dimaksud mungkin berupa orang, benda atau peristiwa. Sifat-sifat sasaran itu biasanya berpengaruh terhadap persepsi orang yang melihatnya.
            3. Faktor situasi dimana pembentukan persepsi itu terjadi baik tempat, waktu, suasana dan lain-lain.
Persepsi dibagi menjadi 5 jenis, sesuai dengan panca indra yang kita miliki, yaitu penglihatan, penciuman, perabaan, pendengaran, dan pengecapan.
Akan tetapi, hasil persepsi yang paling dapat dibedakan secara nyata ialah dengan pendekatan visual, dimana hasil persepsi yang dikeluarkan bisa berbeda satu sama lain. contoh nya sebagai berikut
Jika anda penggemar film Batman pasti akan mengerti maksud dari gambar di bawah ini.
Dan sekarang, apa yang anda lihat?
Batman? atau Joker?
Jika anda menanyakan hal yang sama kepada teman-teman anda, maka akan ada orang yang menanggap gambar di samping adalah gambar Batman atau gambar Joker.
ini merupakan salah satu persepsi
yang bisa diketahui perbedaan nya




Gambar di bawah bisa diartikan dengan 2 hal, yaitu
1. Gambar pasangan kekasih yang berada di tepi pantai di bawah sebuah pohon tua
2. Gambar seorang bayi


Pembedaan dengan sensasi

           

            Persepsi sering sekali disamakan dengan sensasi, padahal kedua hal ini jelas berbeda.
Sensasi ialah respon yang keluar dari stimulus yang keluar secara spontan. Sensasi hanya berupa kesan sesaat, saat stimulus baru diterima otak dan belum diorganisasikan dengan stimulus lainnya dan ingatan-ingatan yang berhubungan dengan stimulus tersebut. Berbeda dengan persepsi yang merupakan respon yang keluar dari stimulus ditambah dengan pengalaman - pengalaman masa lalu yang telah dilalui si pelaku.
            Contoh nya ialah ketika seseorang yang sedang disuntik, sensasi yang dirasakan pastilah rasa menusuk akibat jarum suntik yang menembus kulit si pelaku. Berbeda dengan saya  yang pernah merasakan trauma dengan jarum suntik, yaitu jarum suntik tersebut oleh suatu akibat jarum tersebut meninggalkan luka robek di dalam daging akibat ketika disuntik sewaktu kecil, saya takut dan mengencangkan otot ketika disuntik, sehingga berdarah lumayan banyak. akibatnya, ketika melihat jarum suntik, maka yang pertama kali saya rasakan adalah masa lalu ketika terjadi nya insiden tersebut



Tidak ada komentar:

Posting Komentar